Skip to main content



Mengunakan teleskop Green Bank National Science Foundation / GBT, mereka menemukan sistem bintang unik. Ada 2 bintang kerdil dan satu bintang neutron sangat dasyat. Ketiganya berada seperti jarak orbit matahari dan bumi.

Menurut ilmuwan posisi ketiganya unik.
Dua bintang kerdil adalah bekas bintang yang sudah mati.dan ketiganya termasuk bintang neutron berada di tempat yang sama. Seorang mahasiswa Jason Boylles dari universitas West Virginia adalah penemu bintang pulsar tersebut. Bintang pulsar atau bintang neutron memiiki pancaran sinar seperti cahaya mercusuar yang sebenarnya radiasi magnetik yang sangat kuat. Memberikan gelombang radio yang berputar sangat cepat. Letaknya 4.200 tahun cahaya dari bumi dan putarannya hampir 336x perdetik. Ketiga bintang ini dahulunya sangat besar dan memancarkan cahaya, sekarang ketiganya sudah mati.

Setelah di teliti lebih lanjut, ada 2 bintang white dwarf lain yang mengorbit dengan satu ukuran besar dan satu ukuran kecil di belakang. Keunikan bintang neutron ini menarik para peneliti. Pertama bintang ini memiliki putaran sangat cepat dalam hitungan milidetik, sekaligus dapat melihat efek gravitsi di antara 3 bintang ditempat yang sama. Karena ketiganya memiliki kekuatan gravitasi luar biasa dan sama kuat, membuat lingkaran orbit tidak biasa.



Penemuan di bidang astronomi semakin aneh.
  • Umumnya bintang mati seperti White Dwarf atau bintang kerdil adalah bintang seukuran matahari. Lalu mati karena kehabisan bahan bakar dan menciut menjadi planet kerdil. Walau kecil, kepadatan masa di bintang tersebut amat sangat padat. Sehingga tetap memiliki kekuatan gravitasi yang kuat.
  • Bintang neutron biasanya terbentuk dari sebuah bintang ukuran sangat besar, rata rata 10x lebih besar atau lebih dari ukuran matahari . Sisa material padat akan menyatu serta menjadi sangat padat dan  membentuk gravitasi planet.

Penemuan kali ini , ada 3 bintang berada ditempat yang sama. Satu bintang neutron paling kecil ditengah dan 2 bintang kerdil berada disamping.

Lalu siapa yang lebih kuat, si bintang besar atau si bintang imut Neutron. Menurut kepadatan, walau si imut neutron memiliki ukuran lebih kecil tapi gravitasinya mampu menarik yang besar.

Dibawah ini kepadatan dari masa jenis material seperti air sampai lubang hitam. Neutron star atau bintang neutron adalah benda dengan kepadatan nomor 2 dibelakang black hole.

MaterialDensity in kg/m3Notes
Water (fresh)1,000At STP
Osmium22,610Near room temperature
The core of the Sun~150,000 
White dwarf star1 × 109 
Atomic nuclei2.3 × 1017Does not depend strongly on size of nucleus
Neutron star core8.4 × 1016 – 1 × 1018 
Black hole2 × 10730Critical density of an Earth-mass black hole

Comments

Popular posts from this blog

PROSEMIK

CARA PENGGUNAAN REFERENCES PADA MICROSOFT WORD