PROSEMIK





Apa itu prosemik ?
Proksemik adalah studi yang mempelajari posisi tubuh dan jarak tubuh (ruang antar tubuh sewaktu orang berkomunikasi antarpersonal). Edward T.Hall sebagai bapak dari studi prosemik yang mengenalkan teori ini. Proksemik menurut Hall adalah bentuk lain untuk menjelaskan hubungan antara pengamatannya dan teori tentang bagaimana seseorang menggunakan ruang yang khusus dalam kebudayaan dan kebiasaan untuk berkomunikasi antarpersonal.
Sebuah definisi khusus lagi tentang proksemik adalah studi tentang bagaimana seorang secara tidak sadar terlibat dalam struktur ruang atau jarak fisik antara manusia sebagai sesuatu keteraturan sebagai sesuatu keteraturan tertib pergaulan setiap harinya. Konsep ini sebenarnya konsep yang dianalogikan dari studi studi para arsitek wilayah perkotaan tentang bagaimana pengamanan suatu kota sebagai pemukiman.
Istilah proksemik diperkenalkan oleh seorang antropologis, Edward T. Hall pada tahun 1966 untuk menjelaskan jarak antar-manusia sesuai dengan cara mereka berinteraksi, menurut Hall, bisa disimpulkan secara gamblang dalam kalimat berikut: seperti gravitasi, pengaruh dari dua badan satu sama lain adalah berbanding terbalik tidakhanya kepada kuadrat dari jarak mereka, tapi juga bahkan pangkat tiga dari jarak antara mereka.

Apa itu jarak intim ?
Jarak intim di sebut juga  Zona yang dapat melakukan kontak fisik, dari jarak semua zona hanya zona inilah yang terpenting karena pada zona ini orang menjaganya seolah-olah zona ini milik pribadi. Hanya orang dekat secara emosional yang dapat memasukinya seperti kekasih, orang tua, suami-istri, anak-anak, kerabat dan sanak saudara. Umumnya berjarak 15-46 cm (bersentuhan-18 inch).

Sebagai contoh :  ketika lawan bicara kita duduk bersebelahan dengan kita, maka kita beranggapan bahwa dia sangat terbuka dan mampu menciptakan suasana yang nyaman saat berbicara.

Apa itu jarak pribadi ?
Jarak ini dilakukan seperti pada saat kita dipesta-pesta, acara kantor dan lain sebagainya.Umumnya berjarak 46 cm-1.2 m(18 inch-4ft) Zona sosial, zona ini berlaku pada orang yang belum dikenal secara baik atau bahkan asing.
Sebagai contoh :  seperti pada saat ditoko yang berbicara dengan pelayan toko. Umumnya berjarak 1.2-3.6 m (4ft-12ft)




Comments

Popular posts from this blog

CARA PENGGUNAAN REFERENCES PADA MICROSOFT WORD